More Categories

Cari Blog Ini

Gambar tema oleh Storman. Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 29 Juni 2020

Memahami Transgender dan Perbedaannya dengan Transeksual





Individu transgender berasa jati diri gendernya tidak sama dengan tipe kelaminnya Tema berkaitan barisan LGBT, termasuk juga transgender didalamnya, tidak sempat habis untuk diulas warga serta netizen. Sebagian orang ada yang terima, tetapi cukup banyak juga yang menampik barisan itu. Ketahui apakah itu transgender.

Apakah itu transgender?Pada pemahaman fundamen, transgender ialah individu yang berasa jika jati diri gendernya tidak sama atau mungkin tidak sesuai tipe kelamin biologisnya semenjak dia lahir.

Jati diri gender sendiri mengacu pada konsepsi atau sense seorang tentang gendernya sendiri. Sense ini berbentuk identifikasi kita untuk lelaki, wanita, atau mungkin tidak kedua-duanya.

Waktu kita baru lahir, dokter kemungkinan dengan jelas tentukan jika kita ialah bayi wanita atau lelaki. Ketetapan ini diberi berdasar elemen biologis yang kita bawa serta, seperti alat kelamin, kromosom, serta hormon.

Bersamaan kita tumbuh, beberapa orang dapat meningkatkan jati diri gender jika dia memang seorang lelaki sebab mempunyai penis, atau seorang wanita sebab mempunyai vagina. Barisan orang ini disebutkan cisgender

Disamping itu, sebagian orang berasa jika jati diri mereka tidak sama dengan tipe kelaminnya. Beberapa orang berikut yang disebutkan transgender.

Beberapa istilah yang terkait dengan transgenderMelanjutkan pengertian transgender di atas, ada istilah-istilah lain yang terkait dengan barisan ini. Arti itu, contohnya:

1. TranspuanTranspuan atau trans wanita ialah transgender yang awalannya dideteksi untuk lelaki. Selanjutnya, dia berasa jika dia ialah seorang wanita (lelaki jadi wanita).

Cara Memahami Bettingan Taruhan Bola Online

2. Trans lelaki/pria transBerkebalikan dengan transpuan, pria trans adalah transgender dari wanita yang selanjutnya mengenali diri untuk lelaki.

3. Non-biner atau genderqueerNon-biner mengacu ke orang dengan jati diri gendernya tidak masuk kelompok pria atau wanita. Sebagian orang non-biner berasa dia ialah gabungan di antara lelaki serta wanita.

Apa ketidaksamaan transgender dengan transeksual?Transgender ialah orang yang berasa jati diri gendernya tidak sama dengan tipe kelamin yang dia bawa serta saat lahir. Disamping itu, transeksual sering mengacu pada transgender yang lakukan usaha perkembangan kelamin, seperti dengan aksi operasi atau therapy hormon.

Beberapa transgender tidak keberatan bila dikatakan sebagai transeksual. Tetapi, beberapa lain semakin senang bila dipanggil transgender. Arti "transgender" semakin universal serta akan tergantung pada opsi rekanan Anda yang disebut seorang transgender.

Bukti lain yang terkait dengan transgenderSetelah pahami pemahaman transgender di atas dan arti turunannya, ada juga beberapa bukti lain yang dapat Anda ketahui berkaitan transgender.

1. Jadi transgender bukan masalah jiwaTransgender tidak lagi dimasukkan untuk masalah kejiwaan. Ketetapan ini efisien diresmikan World Health Organization (WHO) mulai tahun 2022 akan datang.

Pakar sepakat jika transgenderisme bukan masalah kejiwaanWalau demikian, beberapa orang transgender rawan alami permasalahan psikologis dalam terima ketidaksamaan jati diri gendernya itu. Mereka kemungkinan berasa terisolasi dengan cara sosial, takut tidak diterima oleh orang paling dekat, serta berasa tidak ada yang dapat pahami perang batin mereka.

2. Jadi transgender bisa beragam buat semasing individunyaMasing-masing transgender mempunyai pengalaman yang lain serta personal. Beberapa individu transgender kemungkinan mengganti style kenakan pakaian mereka, ajukan pergantian nama, serta mengganti performa fisik seperti rambut.

Adapula individu transgender yang minta perkembangan kata panggil mereka, contohnya dari "Mas" jadi "Mbak".

Disamping itu, beberapa individu transgender lakukan usaha-usaha klinis supaya sepenuhnya jadi gender serta tipe kelamin yang mereka ingin, seperti lakukan operasi tukar kelamin serta lakukan terapi hormon.

3. Transgender dapat homoseksual, heteroseksual, atau tujuan seksual lainTransgenderisme tidak sama dengan tujuan seksual. Transgender terkait dengan jati diri gender. Disamping itu, tujuan seksual ialah minat seksual yang kita punya. Contohnya, kita tidak dapat beranggapan jika jadi transgender bermakna dia seorang homoseksual.

Panduan menghormati individu transgenderPakar sudah sepakat jika transgenderisme bukan masalah mental. Dengan begitu, akan arif bila Anda tidak lakukan diskriminasi serta penghinaan pada rekanan Anda yang melela atau coming out untuk transgender.

Beberapa panduan yang dapat diaplikasikan untuk menghargai orang transgender, yakni:

Tidak menyentuh serta mengasumsikan tujuan seksual yang dia punya.

Tidak bertanya nama ‘aslinya'. Jika dia mengenalkan diri dengan nama ‘barunya', Anda pasti harus menyebutnya dengan nama sekarang ini.

Anda bisa bertanya kata panggil yang dia semakin senang.

Menghargai bila dia ingin rahasiakan hal itu dari pihak lain, sebab berarti Anda ialah orang terpecaya untuknya.

Berlaku normal serta tidak memuji yang bisa jadi bumerang, seperti menjelaskan, "Kamu cantik seperti wanita sebenarnya".

Jika rekanan Anda berasa tertekan sebab dia mempunyai jati diri gender yang lain, Anda dianjurkan untuk ajaknya menjumpai psikolog atau psikiater. Tekankan psikiater itu terbuka dengan desas-desus gender.

[[artikel-terkait]]

Catatan dari SehatQItulah beberapa pengetahuan fundamental berkaitan transgender yang pantas untuk kita ketahui. Bagaimana juga, transgender bukan masalah mental. Anda dianjurkan selalu untuk menghargai pilihan mereka serta tidak bertindak penghinaan yang jatuhkan situasi psikologis barisan ini.

0 on: "Memahami Transgender dan Perbedaannya dengan Transeksual"